Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kec. Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Nofita, Rahman |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9701/1/08050294%20NOFITA%20RAHMAN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9701/2/ABSTRAK%20-%202020-07-23T134504.961.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9701/4/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T134552.724.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9701/3/DAFTAR%20RUJUKAN%20%287%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9701/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematis siswa yang masih rendah dan kurangnya kerjasama antara siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada hasil belajar matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Random Terhadap Subjek. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Kec. Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah 0,784. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak dengan MINITAB. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata yaitu 0,05. Hasil uji hipotesis diperoleh P-value sama dengan 0,000 artinya kurang dari 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari pada hasil belajar matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 3 Kec. Akabiluru Kab. Lima Puluh Kota.