Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer dan Question Student Have Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan melaksanakan pembelajaran aktif tipe giving question and getting answer dan question student have. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answer dan Question Student Have Siswa Kelas VII SMP Negeri 27 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Post Test Only Comparison Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling, yang terpilih adalah kelas VII.7 sebagai kelas eksperimen I dan VII.1 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen pengumpulan data penelitian ini tes akhir hasil belajar dengan indikator pemahaman konsep matematis siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak. Berdasarkan analisis didapatkan nilai rata-rata tes akhir pemahaman konsep pada kelas eksperimen I adalah 73,41, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah 64,27. Pengujian hipotesis digunakan uji-t dua pihak diperoleh P-value = 0,035, P-value < dimana = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif Giving Question and Getting Answer dan Question Student Have siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015