Perbedaan Pemahaman Konsep Siswa yang Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power of Two dan Teknik Bertukar Pasangan Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 6 Padang

Main Author: Meisa, Kurnia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9692/1/10050305%20MEISA%20KURNIA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9692/2/ABSTRAK%20-%202020-07-23T114750.490.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9692/3/BAB%20V%20-%202020-07-23T114824.992.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9692/4/DAFTAR%20KEPUSTAKAAN%20%2813%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9692/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang belum maksimal dikarenakan siswa menyalin tugas siswa lainnya tanpa memahami apa yang dibuatnya, ini terlihat pada hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Padang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two dan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif teknik Bertukar Pasangan pada siswa kelas VIII SMPN 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel yang terpilih adalah VIII.3 sebagai kelas eksperimen I dan VIII.2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dengan reliabilitas adalah 0,855. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan uji-t dua pihak dengan bantuan software MINITAB. Berdasarkan hasil analisis data dapat dilihat bahwa nilai siswa sudah ada peningkatan dan siswa sudah memahami konsep dengan baik. Diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada α = 0,05 dan hasil dari uji hipotesis diperoleh P-value = 0,048 lebih kecil dari α = 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe The Power of Two berbeda dengan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teknik Bertukar Pasangan pada siswa kelas VIII SMPN 6 Padang.