Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep siswa yang masih rendah, dan siswa malas bertanya mengenai konsep yang mereka belum pahami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answers berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Talamau. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Talamau tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,89. Analisis data yang digunakan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan data siswa setelah diberikan post-test adalah 67,65 dengan simpangan baku 18,789 dan didapat thitung = 2,15 lebih dari maka hipotesis diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Giving Question and Getting Answers terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Talamau.