Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pencarian Informasi Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP PERTI Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi dari kenyataan di sekolah ahwa pemahaman konsep matematika siswa masih rendah dan siswa cenderung tidak fokus dan tidak memperhatikan penjelasan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe pencarian informasi berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP PERTI Padang. Jenis penelitian adalah penelitian pra-eksperimen, dengan rancangan penelitian pre-test and post-test group. Pre-test diberikan sebelum perlakuan sementara post-test diberikan setelah perlakuan, soal pre-test dan post-test sama. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP PERTI Padang tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas. Instumen penelitian adalah tes pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk uraian dengan divaliditas oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 10,15 dan = 1,71. Hipotesis diterima karena > , sehingga hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata = 0,05. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dengan strategi pembelajaran aktif tipe pencarian informasi terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP PERTI Padang.