Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Think Pair Square Siswa Kelas VII SMPN 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Laila, Fitra
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9686/2/10050164%20LAILA%20FITRA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9686/1/ABSTRAK%20-%202020-07-23T113749.437.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9686/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T113855.565.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9686/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T113831.397.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9686/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum mau berpartisipasi dalam pembelajaran serta pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan menentukan apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan think pair square di kelas VII SMPN 1 Lembah Melintang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen murni dengan rancangan Randomized Post Test Only Comparison Group Desaign. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Lembah Melintang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII.5 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan kelas VII.3 dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair square. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Tes akhir reliabilitas tes . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf kepercayaan α = 0,05 dan hasil dari uji hipotesis diperoleh P-value sama dengan 0,007 artinya lebih kecil dari α = 0,05, maka hipotesis penelitian diterima dimana pada kelas eksperimen 1 = 84,37 dan pada kelas eksperimen 2 = 74,51. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan think pair square siswa kelas VII SMPN 1 Lembah Melintang.