Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Kelompok Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 14 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, siswa kurang berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran, kerjasama dalam diskusi kelompok siswa belum terlaksana dengan baik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran aktif kelompok belajar berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 14 Padang, tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen, dengan rancangan penelitian pre-test dan post-tes. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 14 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah delapan kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dan kelas yang terpilih yaitu kelas VIII8. Instumen penelitian adalah tes pemahaman konsep matematis. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk essai dengan divalidasi oleh guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai dan Hipotesis diterima karena > sehingga hipotesis yang diajukan diterima pada taraf nyata Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran aktif terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 14 Padang