Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Dengan Tipe Peer Lesson Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Sawahlunto
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika dan pemahaman konsep matematis yang diperoleh siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Group To Group dengan tipe Peer Lesson pada siswa kelas VIII SMPN 6 Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Randomized Posttest-only Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 6 Sawahlunto yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel adalah secara acak dan terpilih kelas sampel adalah kelas VIII1 sebagi kelas eksperimen I dan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen penelitian ini adalah tes akhir belajar dalam bentuk esai yang mengandung indikator pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah uraian dengan reliabilitas tes sebesar 0,8351. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dua pihak dengan bantuan software MINITAB. Berdasarkan hasil analisis data bahwa kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil dari uji hipotesis diperoleh P-Value = 0,044 artinya lebih kecil dari taraf nyata 0,05, maka hipotesis pada penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Group To Group dengan tipe Peer Lesson pada siswa kelas VIII SMPN 6 Sawahlunto.