Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa tidak mengetahui tugas dan tanggung jawab dalam kelompok dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah terlihat pada hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Kepala Bernomor Terstruktur terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Pre-Eksperiment dengan rancangan penelitian Pre-Test and Post-Test Group. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Durian Tarung Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII3 sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes awal (Pre-test ) dan tes akhir (Post-test) dalam bentuk esai. Analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai t hitung = 5,54 dan t tabel = 2,01 dengan α = 0,05, karena t hitung > t tabel maka tolak H0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran kooperatif tipe Kepala bernomor Terstruktur terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII3 MTsN Durian Tarung Padang.