Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kegembiraan, semagat dan minat siswa selama pembelajaran matematika berlansung, dan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang terlihat pada hasil belajar matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematika siswa menggunakan Permainan Tinjauan SUCKER BALL lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas VIII yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir belajar dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes = 0,863 . Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada taraf nyata = 0,05. Rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 77,80, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 66,56. Dari hasil uji statistik diperoleh = 2,77 dan = 1,645, sehingga > . Jadi dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan permainan tinjauan Sucker Ball lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada kelas VIII SMPN 1 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan dengan taraf kepercayaan 95%.