Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang rendah di kelas X SMA PGRI 1 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang masih terpusat pada guru, siswa hanya mencatat apa yang dijelaskan guru sehingga siswa pasif dan tidak kreatif dalam belajar. Hal tersebut menyebabkan sikap positif terutama sikap sosial yang terdapat dalam diri siswa kurang berkembang. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan menerapkan strategi kooperatif tipe STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). Penelitian ini bertujuan mengetahui perkembangan sikap sosial dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas X.5 sebagai kelas eksperimen dan X.6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dan non tes yang terdiri dari lembar observasi dan angket. Bentuk tes yang digunakan adalah esai dengan reliabilitas tes adalah = 0,060. Berdasarkan hasil analisis data sikap sosial siswa dalam belajar yang dianalisis dengan lembar observasi dan angket mengalami peningkatan dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat. Hasil tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh P-VALUE = 0.043. P-VALUE < α yaitu α = 0,05 , maka hipotesis penelitian diterima dengan taraf kepercayaan 95%. Jadi, hasil belajar matematika siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada pembelajaran konvensioanal.