Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah pada kelas VIII SMPN 1 Ranah Batahan Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan Model Discovery Learning disertai Domino Game, dan (2) apakah penerapan Model Discovery Learning disertai Domino Game berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen, dengan rancangan penelitian One-Shot case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ranah Batahan Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan loting, kelas VIII.1 yang terpilih sebagai kelas sampel. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes akhir dalam bentuk esai dengan reliabilitas adalah . Kuis dianalisis dengan menghitung rata-rata, dan tes akhir dianalisis dengan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil kuis siswa setiap pertemuan adalah 77, 85, 97, 99. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 3,40 dan . Karena nilai thitung > disimpulkan bahwa Model Discovery Learning disertai Domino Game berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Ranah Batahan.