Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Think Pair Square (TPSq) Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Padang

Main Author: Gusmeri, Gusmeri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9675/1/10050217%20GUSMERI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9675/2/ABSTRAK%20-%202020-07-23T101810.925.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9675/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T101916.105.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9675/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T101851.478.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9675/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, karena dalam proses pembelajaran siswa kurang aktif, siswa masih kurang antusias mengeluarkan pendapatnya. Usaha yang dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa adalah melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Think Pair Square (TPSq). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan tipe Think Pair Square (TPSq) pada siswa kelas XI IPA SMAN 11 padang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian Ramdomized Post Test Only Comparison Group Design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 11 Padang, Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dipilih secar acak, terpilih kelas eksperimen I adalah kelas XI IPA.2 menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan terpilih sebagai kelas eksperimen II adalah kelas XI IPA.4 menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq). Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar pemahaman konsep matematis dalam bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah 0,790. Berdasarkan analisis didapatkan nilai rata-rata tes akhir pemahaman konsep pada kelas eksperimen I adalah 60, sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen II adalah 73,66. Pengujian hipotesis digunakan uji-t dua pihak sehingga diperoleh h = -2,96 dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dengan Tipe Think Pair Square (TPSq) Pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 11 Padang.