Daftar Isi:
  • Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan modul berbasis realistik yang layak digunakan dalam pembelajaran matematika pada materi SPLDV. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul berbasis realistik untuk materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap pendefinisisan (define) atau analisis kebutuhan, perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Namun, tahap yang dilalui pada penelitian ini hanya sampai tahap ketiga yaitu pengembangan (develop). Tahap pengembangan (develop) yang dilakukan hanya untuk melihat kevalitan dan kepraktisan modul. Modul divalidasi oleh 3 orang validator yaitu dosen matematika, guru matematika dan guru bahasa Indonesia. Modul diujicobakan dengan 6 orang siswa. Hasil validasi modul berbasis realistik oleh validator menunjukkan bahwa modul berbasis realistik pada kriteria sangat valid yaitu 3,46. Sedangkan hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan modul berbasis realistik pada kategori sangat praktis yaitu 88,75%. Dapat disimpulkan bahwa modul berbasis realistik pada materi sistem persamaan linear dua variabel sudah sangat valid dan sangat praktis.