Pengaruh Penerapan Model Pengajaran Langsung Dikolaborasikan dengan Strategi Berbagi Pengetahuan Secara Aktif Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 15 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, siswa tidak aktif dalam proses pembelajaran matematika, siswa kurang mau berbagi pengetahuan dengan siswa yang lain jika tidak disuruh oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan model pengajaran langsung dikolaborasikan dengan strategi berbagi pengetahuan secara aktif lebih baik daripada pemahaman konsep siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan Randomzed Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 15 Padang yang terdaftar Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan sampel adalah siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes akhir yang berbentuk esai dengan reliabilitas tes adalah 0,768. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak: dengan bantuan software minitab. Berdasarkan pengujian hipotesis menggunakan uji t-satu pihak dengan bantuan softwareMINITAB, diperoleh P-Valuesebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pengajaran langsung dikolaborasikan dengan strategiberbagi pengetahuan secara aktif lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 15 Padang.