Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangioleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan kurangnya disiplin belajar peser tadidik.Penelitian ini bertujuan untuk menge tahuiapakah pengaruhd isiplin siswa terhadap hasil belajar Geografi kelas X IIS di SMA N 3 Kecamatan sangir Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional.Populasi penelitian adalah siswa kelas X IIS SMA N 3 Kecamatan Sangir Kabupaten Solok Selatan yang berjumlah 119 siswa.Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik propotional random sampling, terpilih lahsampel sebanyak 54 siswa.Instrumen penelitian dalahangket dalam bentuk skalalikert.Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Deskriptif. Berdasarkanhasilujihipotesisdiperolehnilaithitung= 25,251makahipotesis penelitianditerimakarenathitung>ttabel (thitung = 25,251>ttabel = 1,674). Dengan demikian,dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh disiplin terhadap hasil belajar geografi siswakelas X IIS SMA N 3 KecamatanSangirKabupatenSolokSelatan.