Penerapan Strategi Active Knowledge Sharing Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah serta siswa yang kurang memperhatikan materi yang dijelaskan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi Active Knowledge Sharing berpengaruh dalam pembelajaran matematika siswa kelas X SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok. Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X IPA SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak, terpilih kelas X IPA2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian adalah tes akhir berbentuk essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan hasil tes akhir matematika siswa kelas eksperimen sesudah perlakuan adalah 78,9 lebih tinggi dibandingkan sebelum perlakuan yaitu 58,19. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, diperoleh thitung = 27,44 dan ttabel = 2,074. Karena maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi Active Knowledge Sharing berpengaruh dalam pembelajaran matematika siswa kelas X SMAN 1 IX Koto Sungai Lasi Kabupaten Solok.