Daftar Isi:
  • Pada saat proses pembelajaran siswa tidak dibiasakan berdiskusi dan mengkonstruksi pengetahuannya. Sehingga pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) bagaimana perkembangan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe synergetic teaching disertai kuis pada siswa kelas VIII SMPN 1 Ranah Pesisir, (2) apakah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe synergetic teaching disertai kuis berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Ranah Pesisir. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian one-shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Ranah pesisir, sedangakan sampel penelitian adalah kelas VIII4. Instrumen penelitian ini adalah kuis dan tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah essai dengan reliabilitas tes adalah 0,76. Kuis dianalisis dengan melihat rata-rata setiap pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan untuk hipotesis adalah uji t dua arah. Berdasakan hasil analisis data diperoleh rata-rata kuis tiap pertemuan mengalami peningkatan dan rata-rata pemahaman konsep siswa kelas eksperimen adalah 87,78 lebih tinggi dari rata-rata sebelum perlakuan yaitu 63,80. hasil hipotesis diperoleh nilai thitung = 21,60 lebih kecil dari ttabel = 2,045 Jadi, dapat disimpulkan bahwa perkembangan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajran aktif tipe synergetic teaching disertai kuis mengelami peningkatan setiap pertemuan, dan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Synergetic Teaching Disertai Kuis berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Ranah Pesisir.