Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Pulau Punjung Kab Dharmasraya
Main Author: | Elsa, Asnita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9660/1/10050043%20ELSA%20ASNITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9660/2/ABSTRAK%20-%202020-07-23T095037.574.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9660/3/BAB%20V%20-%202020-07-23T095111.907.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9660/4/DAFTAR%20RUJUKAN%20%284%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9660/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Pulau Punjung Kab Dharmasraya setelah diterapkan Model Pembelajaran kooperatif Tipe Snowball Throwing dengan Pendekatan Saintifik. Jenis penelitian adalah pre-eksperimen, dengan rancangan One shot case study. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Pulau punjung kab Dharmasraya yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari tujuh kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII3. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk esai. Bentuk tes yang digunakan adalah uraian berjumlah 7 butir soal dengan reliabilitas tes r11 = 0,828. Teknik analisis data yang dilakukan dengan statistika deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data. Dapat diketahui rata-rata nilai tes matematika siswa sebelum perlakuan adalah 60,57 denga median 60. Rata-rata siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan pendekatan saintifik meningkat menjadi 73,7 dengan median 77,8. Peningkatan nilai rata-rata yang terjadi sebesar 21,6%. Dilihat dari median sebelum dan sesudah perlakuan, 50% siswa mengalami peningkatan nilai sebesar 28,8%. Dengan dimikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dengan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap hasil belajar.