Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Siswa Kelas VIII SMP Tamansiswa Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang masih memaparkan materi secara langsung, tanpa melibatkan siswa dalam menemukan konsep, sehingga siswa hanya menghafal konsep yang disajikan. Berhubungan dengan itu, dikembangkan bahan ajar yang melibatkan siswa secara aktif. Bahan ajar yang dikembangkan adalah LKS berbasis penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas LKS berbasis penemuan terbimbing. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan Model IDI. Model IDI terdiri dari 3 tahap yaitu, tahap penentuan (Define), tahap pengembangan (Develop), dan tahap evaluasi (Evaluate). Tahap define terdiri dari analisis kebutuhan, analisis silabus, analisis buku teks, analisis karakteristik siswa dan mereview literatur. Tahap develop terdiri dari tahap perancangan produk, dan validasi produk. Validasi produk dilakukan oleh 3 orang validator. Sedangkan tahap evaluate adalah untuk melihat praktikalitas LKS yang dikembangkan dengan cara melakukan uji-coba terbatas. Hasil validitas LKS berbasis penemuan terbimbing pada kriteria sangat valid dengan persentase 82,95%. Sedangkan uji praktikalitas oleh guru menunjukkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada kriteria 82,5% dan uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan LKS berbasis penemuan terbimbing pada kriteria 87% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis penemuan terbimbing pada materi bangun ruang sisi datar sudah sangat valid dan sangat praktis.