Perbedaan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STUDENT TEAM ACHIEVEMENT (STAD) Dan TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rao Kabupaten Pasaman

Main Author: Elfida, Yani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9658/1/10050023%20ELFIDA%20YANI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9658/2/ABSTRAK%20-%202020-07-23T094610.806.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9658/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-23T094716.679.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9658/4/DAFTAR%20RUJUKAN%20%283%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9658/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi dengan siswa kurang aktif berbagi pengetahuan yang dimilikinya dan kegiatan pembelajaran didominasi siswa yang memiliki kemampuan tinggi serta kemampuan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team-Achievement (STAD) dan Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas VIII SMPN 1 Rao Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen murni dengan rancangan penelitian Randomized Post Test Only Comparison Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Rao yang terdiri dari 7 lokal. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 SMPN 1 Rao. Teknik pengambilan sampel dilakukan Random Sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dengan indikator pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah 0,8. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata hasil belajar siswa dengan indikator pemahaman konsep kelas eksperimen I adalah 74 lebih tinggi dibandingkan kelas eksperimen II yaitu 59. Dari hasil uji hipotesis diperoleh p-value = 0,005 < ( = 0,05) berarti ditolak dan diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student team-Achievement (STAD) dan Teams Game Tournament (TGT) pada siswa kelas VIII SMPN 1 Rao Kabupaten Pasaman.