Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Active Knowledge Sharing Dengan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 33 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 33 Padang. Jenis penelitian adalah penelitian pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian one shot case study. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 33 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak, terpilih kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen. Instrumen dalam penelitian adalah tes akhir berbentuk essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dua pihak. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan hasil tes akhir hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen adalah 61,07 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai MID semester 1 yaitu 46,80. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dua pihak, diperoleh thitung = 9,03 dan ttabel = 2,04. Karena maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe Active Knowledge Sharing berpengaruh dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII3 SMPN 33 Padang.