Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep siswa yang menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa kelas VIII6 SMPN 25 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan rancangan penelitian one shoot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII. Subjek penelitian yang terpilih adalah kelas VIII6 SMPN 25 Padang tahun pelajaran 2014/2015. Dari penelitian yang telah dilakukan diperolah rata-rata nilai tes akhir siswa(67,74) lebih tinggi dibandingkan rata-rata nilai semester matematika siswa(54,40). Instrumen yang digunakan adalah bentuk esai. Pengujian Hipotesis Menggunakan uji t dua pihak, diperoleh = 6,06 dan = 2,06. Karena > maka hipotesis penelitian diterima.Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Pair Checks berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII6 SMPN 25 Padang.