Pengembangan Modul Berbasis Konstruktivisme Pada Materi Teorema Pythagoras Untuk Siswa Kelas VIII MTsS Limau Manis Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya bahan ajar dalam proses pembelajaran. Bahan ajar yang diharapkan yaitu bahan ajar yang mampu mengkonstruksi pengetahuan siswa untuk belajar mandiri dan siswa dapat memahami konsep maupun prinsip. Keterbatasan buku teks dalam pembelajaran mengakibatkan siswa terlalu bergantung pada penjelasan guru sehigga kurangnya kemandirian siswa dalam belajar. Mengatasi permasalahan tersebut maka dikembangkan bahan ajar berupa modul berbasis konstruktivisme untuk materi teorema Pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas modul berbasis konstruktivisme pada materi teorema Pythagoras. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari 4 tahap. Penelitian yang dilakukan hanya 3 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Tahap define terdiri dari analisis silabus, buku teks, literatur, dan wawancara dengan guru dan siswa. Tahap design yaitu merancang modul berbasis konstruktivisme. Tahap develop yaitu mengembangkan modul dan dilakukan uji validitas oleh 3 validator. Tahap praktikalitas yaitu menyebarkan angket kepraktisan dan pedomen wawancara. Data dianalisis dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil uji validitas modul berbasis konstruktivisme oleh validator menunjukkan bahwa modul berbasis konstruktivisme pada kriteria sangat valid yaitu rerata 3,58. Hasil uji praktikalitas oleh siswa menunjukkan modul berbasis konstruktivisme pada kategori sangat praktis yaitu 87% dan hasil praktikalitas oleh guru pada kriteria sangat praktis yaitu 89%. Modul berbasis konstruktivisme pada materi teorema Pythagoras sangat valid dan sangat praktis.