Daftar Isi:
  • Buku teks yang menjadi referensi pada materi bilangan bulat belum memfasilitasi siswa dalam belajar. Penyajian materi pada buku teks bersifat menyampaikan informasi. Dalam penjelasan materi dan penyelesaian soal-soal belum mengaitkan dengan kehidupan dunia nyata siswa, sehingga buku teks tersebut terasa abstrak dan sulit bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan praktikalitas handout berbasis pendidikan matematika realistik. Jenis penelitian penelitian ini adalah pengembangan menggunakan model IDI. Model IDI terdiri dari 3 tahap yaitu, tahap penentuan (define), tahap pengembangan (develop), dan tahap evaluasi (evaluate). Tahap define terdiri dari identifikasi masalah, analisis latar, pengelolaan materi. Tahap develop terdiri dari tahap perancangan produk, dan validasi produk. Validasi produk dilakukan oleh 3 orang validator, yaitu satu orang dosen pendidikan Matematika STKIP PGRI dan satu orang dosen pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI dan satu orang guru matematika SMPN 20 Padang. Sedangkan tahap evaluate adalah untuk melihat praktikalitas handout yang dikembangkan dengan cara melakukan uji coba terbatas kepada enam orang siswa SMPN 20 Padang. Hasil validitas handout berbasis pendidikan matematika realisik pada kriteria sangat valid dengan nilai kevalidan 82,18% dan dikategorikan praktis oleh guru dengan nilai persentase 75%, oleh siswa dikategorikan sangat praktis dengan nilai persentase 93,94%. Dari penelitian ini dihasilkan produk berupa handout berbasis pendidikan matematika realistik untuk materi bilangan bulat pada pembelajaran matematika kelas VII SMPN 20 Padang yang valid dan praktis.