Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah, strategi pembelajaran kurang bervariasi, hasil belajar matematika siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Teknik sepak bola verbal berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kab.Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen, dengan rancangan penelitian one-shot case study. Populasi adalah siswa kelas XI MIA SMA Negeri 1 Bukit Sundi Kab.Solok. Pengambilan sampel dilakukan secara acak , yang terpilih sebagai kelas sampel adalah kelas XI MIA 1. Instrumen penelitian adalah kuis dan tes akhir berbentuk esay dengan reliabilitas tes adalah 0,87. Berdasarkan hasil deskripsi dan analisis data, dapat dilihat pemahaman konsep matematis siswa meningkat. Hal ini menunjukan bahwa rata-rata tes akhir matematika siswa pada kelas sampel adalah 64,68, jika dibandingkan dengan hasil sebelumnya yaitu rata-rata hanya 45. Sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik sepak bola verbal berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas XI SMA Negeri I Bukit Sundi Kab. Solok.