Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah yang terlihat pada hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Padang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VIII SMPN 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan terpilih kelas sampel adalah VIII.3 sebagai kelas eksperimen I dan VIII.5 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis, diperoleh reliabilitas soal 0,652. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan uji-t . Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen pada α = 0,05 dan hasil dari uji hipotesis diperoleh P-value = 0,044 lebih kecil dari α = 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square (TPSq) berbeda dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas VIII SMPN 6 Padang.