Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Kartu Arisan Disertai Kuis Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII MTsN Kuranji Padang
Main Author: | Anesa, Maulidya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9640/1/10050244%20ANESA%20MAULIDYA%20F.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9640/2/ABSTRAK1%20%2836%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9640/3/KESIMPUALAN%20%282%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9640/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-23T091953.133.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9640/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah perkembangan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang dengan menerapkan model pembelajaran aktif kartu arisan dan apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran aktif kartu arisan disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasinya adalah siswa kelas VIII MTsN Kuranji Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah kuis dan tes akhir dengan indikator pemahaman konsep dengan bentuk tes yang digunakan adalah essai dengan reliabilitas 0,59. Berdasarkan hasil deskripsi data dapat dilihat perkembangan pemahaman konsep matematis siswa dengan nilai rata-rata kuis pada pertemuan I 77,17, pertemuan II 70,31 dan pertemuan III 92,06 dan pertemuan IV adalah 89,47. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t satu pihak dengan bantuan SOFTWARE MINITAB, diperoleh P-VALUE sebesar 0,002 lebih kecil dari α= 0,05, maka hipotesis yang diajukan diterima pada taraf kepercayaan 95%. Sehingga dapat disimpulkan dari data diatas bahwa perkembangan pemahaman konsep matematis siswa mengalami peningkatan dan penurunan pada setiap pertemuan dan pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran aktif kartu arisan disertai kuis lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTsN Kuranji Padang