Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X IPA SMA Bunda Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan siswa tidak terbiasa berdiskusi dengan baik atau bertukar pendapat dengan teman lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa dikelas X IPA SMA Bunda Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian One Shot Case Study. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Bunda Padang yang terdiri dari satu kelas. Teknik pengambilan sampel disekolah ini adalah total sampling karena kelas X IPA SMA Bunda Padang tersebut hanya satu lokal oleh karena itu populasi secara langsung menjadi sampel. Instrumen yang digunakan=dalam0,75 penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis berupa tes akhir. Bentuk tes yang digunakan adalah bentuk esai dengan reliabilitas tes adalah . Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif. Berdasarkan nilai tes akhir matematika siswa pada kelas sampel diperoleh rata-rata kelas eksperimen = 73,59. thitung = 8,28 dan ttabel = 2,086. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Strategi Pembelajaran aktif Tipe The Power of Two berpengaruh terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X IPA SMA Bunda Padang.