Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015
Main Author: | Yola, Wulandari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9633/1/10010001%20YOLA%20WULANDARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9633/2/ABSTRAK.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9633/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-25T103615.810.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9633/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-25T103550.168.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9633/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi disebabkan oleh beberapa hal, yaitu hanya sebagian siswa yang terlibat dalam proses pembelajaran, siswa malas bertanya dan tidak mau memberikan jawaban maupun tanggapan, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, kurangnya variasi metode pembelajaran. Akibat dari keadaan seperti ini, menyebabkan rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 2 Bayang pada tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran Discovery Learning pada siswa kelas XI semester II SMAN 2 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control-Group posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Bayang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Sehingga terpilih kelas XI IPA1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA4 (kelas kontrol). Data dianalisis dengan menggunakan uji t, yang dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil tes akhir didapatkan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 81,30 dan kelas kontrol 71,51. Dari analisis data yang diperoleh Thitung 3,71 sedangkan ttabel = 1,67 dengan demikian thitung > ttabel yang berarti hipotesis diterima pada taraf kepercayaan 95% (α = 0,05). Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil balajar biologi siswa kelas XI SMAN 2 Bayang.