Daftar Isi:
  • LKS yang digunakan di SMP Pertiwi 2 Padang belum sesuai dengan struktur LKS yang seharusnya dan belum tersedianya LKS yang sesuai dengan tuntutan kurikulum. LKS hanya berupa lembaran pertanyaan saja, sehingga kurangnya minat dan motivasi siswa dalam menemukan konsep sendiri maupun mengembangkan konsep yang sudah ada. Penggunaan media dan bahan ajar yang tepat dalam pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman, minat, dan motivasi siswa dalam belajar. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan adalah lembar kerja siswa (LKS). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Learning Cycle 5-E dilengkapi peta konsep pada materi klasifikasi makhluk hidup untuk SMP yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D models terdiri atas 4 tahap utama yaitu: (1) Define (pendefinisian), (2) Design (perancangan), (3) Develop (pengembangan) dan Disseminate (penyebaran) Namun, peneliti membatasi model hanya pada tahap define, design, dan develop. Jenis data penelitian ini adalah data primer yang terdiri dari hasil validasi dan praktikalitas. Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari validitas LKS berbasis Learning Cycle 5-E yang dilengkapi peta konsep oleh validator pada kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 95,49%. Hasil uji praktikalitas LKS berbasis Learning Cycle 5-E yang dilengkapi peta konsep oleh guru menunjukkan kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 98,03% dan hasil praktikalitas siswa menunjukkan kriteria sangat praktis dengan nilai rata-rata 90,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Learning Cycle 5-E yang dilengkapi peta konsep pada materi klasifikasi makhluk hidup dihasilkan sangat valid dan sangat praktis.