Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Disertai Power Point Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Yellia, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9631/2/10010188%20YELLIA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9631/1/ABSTRAK%20-%202020-07-25T103217.930.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9631/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-25T103314.565.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9631/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-25T103257.287.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9631/ |
Daftar Isi:
- Proses pembelajaran di SMAN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya hasil belajar siswa masih rendah yaitu berada di bawah KKM (75). Hal ini disebabkan karena guru masih belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi, proses pembelajaran masih berpusat kepada guru sehingga kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini juga disebabkan kurangnya media yang digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menerapkan model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran Discovery Learnig disertai power point. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai power point terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X1 SMAN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2014/2015 yang tersebar dalam 4 kelas. Dengan Simple Random Sampling, maka yang menjadi kelas sampel adalah siswa kelas XI MIA 1 dan siswa kelas XI MIA 3. Data dianalisis dengan menggunakan uji t (t-tes) Hasil penelitian yang dilakukan pada kelas sampel di dapatkan bahwa nillai pengetahuan pada kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, yaitu 77,33 dan 67,97. Dari uji hipotesis yang dilakukan didapat bahwa th > tt dimana th = 3,12 dan tt = 1,67 maka hipotesis diterima. Berdasarkan Hasil analisis data penilaian kompetensi sikap kelas eksperimen dengan predikat B (3,34), sedangkan kontrol juga berada pada predikat B (3,19). Penilaian kompetensi pengetahuan kelas eksperimen dengan predikat B (3,08), sedangkan kontrol dengan predikat B- (2,71). Penilaian kompetensi keterampilan kelas eksperimen dengan predikat B+(3,19), sedangkan kontrol dengan predikat B (3,00). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning disertai power point dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas XI SMAN 1 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.