Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang penulis lakukan dengan guru IPA kelas VII MTsN Talaok Kabupaten Pesisir Selatan, dimana hasil belajar IPA siswa kelas VII masih rendah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya selama proses pembelajaran siswa lebih banyak diam, kurang berpartisipasi selama proses pembelajaran, karena mereka terbiasa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dan saat guru mengadakan tanya jawab, kelas hanya didominasi oleh beberapa orang siswa saja. Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar IPA siswa di kelas VII MTsN Talaok Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTsN Talaok Kabupaten Pesisir Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen adalah kelas VII2 dan kelas kontrol adalah kelas VII5. Instrument tes pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda. Instrument pada ranah afektif berupa lembar pengamatan sikap. Instrumen pada ranah psikomotor berupa lembar pengamatan keterampilan. Berdasarkan analisis data pada ranah kognitif, didapatkan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 78,32 dan siswa kelas kontrol 68,36. Analisis data yang dilakukan dengan uji-t didapatkan thitung 2,78 dan ttabel 1,67, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Pada ranah afektif rata-rata modus penilaian sikap siswa kelas eksperimen 3,74 dengan predikat B dan siswa kelas kontrol 3,51 dengan predikat B. Pada ranah psikomotor rata-rata penilaian keterampilan siswa kelas eksperimen 3,84 dengan huruf A- dan siswa kelas kontrol 3,78 dengan huruf A-. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII semester 1 di MTsN Talaok Kabupaten Pesisir Selatan Tahun pelajaran 2014/2015.