Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 12 Padang disebabkan karena ada siswa yang tidak serius atau melakukan kegiatan yang tidak berkaitan dengan pembelajaran saat melakukan praktikum atau diskusi kelompok. Pada saat proses belajar mengajar ada sebagian siswa yang kurang aktif dalam kegiatan diskusi kelompok dan selalu bergantung dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi. Akibatnya hasil belajar IPA siswa menjadi rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2014/ 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester I SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2014/ 2015 yang terdiri dari delapan kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, sehingga diperoleh kelas sampel adalah kelas VII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar kognitif adalah tes akhir hasil belajar dalam bentuk tes objektif sebanyak 36 butir soal. Instrumen hasil belajar afektif berupa lembar penilaian sikap, lembar penilaian diri siswa dan lembar penilaian antar peserta didik. Instrumen hasil belajar psikomotor berupa lembar penilaian keterampilan dalam diskusi dan lembar keterampilan dalam praktikum. Analisis data yang diperoleh dari rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen adalah 80,64. Pada kelas kontrol adalah 74,55. Dari analisis uji t diperoleh thitung (2,36) > ttabel (1,67) maka hipotesis diterima. Hasil analisis untuk penilaian ranah afektif pada kelas eksperimen mendapatkan nilai penilaian sikap 3,56 dengan predikat A, penilaian diri sendiri 3,37 dengan predikat B dan penilaian antar peserta didik 3,31 dengan predikat B. Sedangkan kelas kontrol memperoleh penilaian sikap 2,93 dengan predikat B, penilaian diri sendiri 3,23 dengan predikat B dan penilaian antar peserta didik 3,03 dengan predikat B. Hasil analisis untuk penilaian psikomotor pada kelas eksperimen memperoleh nilai keterampilan dalam diskusi 3,66 dengan huruf A- dan keterampilan dalam praktikum 3,84 dengan huruf A- sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai keterampilan dalam diskusi 3,68 dengan huruf A- dan keterampilan dalam praktikum 3,68 dengan huruf A-. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 5-E dapat mempengaruhi hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 12 Padang Tahun Pelajaran 2014/ 2015.