Daftar Isi:
  • Rendahnya hasil belajar siswa biologi, dimana nilai rata-rata siswa masih di bawah KKM yang ditetapkan sekolah. Metode atau strategi pembelajaran yang digunakan guru masih belum bervariasi sehingga menyebabkan minat siswa dalam belajar dan membaca materi masih kurang. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan strategi belajar aktif tipe KWL (Know-Want-Learn). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi belajar aktif tipe KWL (Know-Want-Learn) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 5 Padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan model desain Randomized Control-Group Postes Only Design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X SMAN 5 Padang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan korelasi taraf kepercayaan 95% (α=0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan thitung = 3,68 sedangkan ttabel = 1,67. thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis (H1) diterima. Penilaian kompetensi sikap pada kelas eksperimen berada pada predikat baik (3,27), kelas kontrol berada pada predikat cukup (2,78). Penilaian kompetensi pengetahuan pada kelas eksperimen berada pada predikat B+ (3,20), kelas kontrol berada pada predikat B (3,01). Penilaian kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen berada pada predikat A- (3,62), kelas kontrol berada pada predikat B+ (3,32). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan strategi belajar aktif tipe KWL (Know-Want-Learn) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 5 Padang.