Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas di kelas X SMAN 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan guru cenderung mendominasi kegiatan pembelajaran sehingga interaksi antara guru dan siswa tidak tercipta. Selain itu ada siswa yang belum aktif dalam pembelajaran biologi, cara belajar siswa masih bersifat individual. Salah satu cara yang dapat diterapkan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terahadap hasil belajar biologi siswa di kelas X SMAN 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas MIA3 sebagai kelas eksperimen dan MIA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Hasil analisis data diperoleh dari kompetensi pengetahuan pada kelas eksperimen 78,64 dan pada kelas kontrol 70,71 dengan harga thitung 2,84 sedangkan ttabel 1,67. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan hasil analisis Penilaian kompetensi sikap pada kelas eksperimen dengan predikat B (3,19) sedangkan pada kelas kontrol berada pada predikat B (3,00). Penilaian kompetensi pengetahuan kelas eksperimen dengan predikat B ( 3,14) dan pada kelas kontrol berpredikat B ̄ (2,84). Penilaian kompetensi keterampilan kelas eksperimen dengan predikat A ̄ (3,73), dan pada kelas kontrol berpredikat B (3,12). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Talamau Kabupaten Pasaman Barat.