Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat

Main Author: Sarah, Sarah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9613/1/10010092%20SARAH.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9613/2/ABSTRAK1%20%2865%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9613/3/BAB%20V%20-%202020-07-24T113545.160.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9613/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-24T113604.976.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9613/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, hal ini dilihat dari siswa jarang bertanya dan memberi tanggapan terhadap apa yang dijelaskan oleh guru, kurangnya kerjasama antara kelompok pada saat diadakan diskusi, proses pembelajaran masih berpusat pada guru, dan kurangnya semangat siswa dalam proses pembelajaran sehingga siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan menguasai materi pelajaran. Guru perlu memahami berbagai strategi pembelajaran agar guru tidak terus menerus menerapkan strategi pembelajaran yang tidak bervariasi. Salah satu usaha yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X SMAN 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat setelah diterapkan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Rancangan penelitian Randomized Control Group Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMAN 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar pada semester I Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik Total Sampling, maka yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas X MIA 2 dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol. Hipotesis pada penelitian ini diuji dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol baik pada penilaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Penilaian kompetensi sikap pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berada pada predikat B. Pada kelas eksperimen (3,32), kelas kontrol (3,07). Penilaian kompetensi pengetahuan pada kelas eksperimen berada pada predikat B (3,10), kelas kontrol berada pada predikat B- (2,76). Penilaian kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen berada pada predikat A- (3,73), kelas kontrol berada pada predikat B+ (3,41). Dari uji hipotesis yang dilakukan diperoleh thitung = 3,07 dan ttabel = 1,67. Jadi thitung > ttabel, dengan demikian hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X di SMAN 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat.