Pengembangan LKS dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Protista untuk SMA Kelas X Sesuai dengan Kurikulum 2013
Main Author: | Rahma, Rahma |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9603/2/10010157%20RAHMA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9603/1/ABSTRAK%20-%202020-07-24T111820.668.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9603/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-24T111903.185.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9603/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-24T111845.764.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9603/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan LKS dalam proses pembelajaran dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperoleh prestasi belajar yang lebih baik, khususnya untuk mata pelajaran Biologi. LKS sangat penting dalam pembelajaran biologi karena LKS dapat membantu menyajikan materi biologi yang memerlukan pemahaman, aplikasi, gambar-gambar serta contoh-contoh penting dalam biologi yang bersifat abstrak. Berdasarkan hasil observasi peneliti di SMA N 3 Padang diketahui bahwa disekolah tersebut belum tersedia LKS yang telah disesuaikan dengan kurikulum 2013. Maka dari itu diperlukan LKS dengan menggunakan pendekatan Saintifik (ilmiah). Hal ini didasarkan karena karakteristik dari kurikulum 2013 ini adalah sistem pembelajaranya menggunakan pendekatan saintifik (ilmiah) yang mana dalam proses pembelajaranya menggunakan 5 M, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasikan, dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS dengan pendekatan saintifik pada materi Protista untuk tingkat SMA yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model 4-D yang memiliki 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Peneliti hanya membatasi sampai tahapan pengembangan (develop). Jenis data yang digunakan adalah data primer, melalui angket validitas dan praktikalitas. Angket validitas diisi oleh dosen dan guru sedangkan angket praktikalitas diisi oleh guru dan siswa. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian yang didapatkan adalah rata-rata nilai validitas oleh dosen dan guru sebesar 88,89% dengan kriteria sangat valid. Rata-rata nilai praktikalitas oleh guru sebesar 85,88% dengan kriteria sangat praktis. Rata-rata nilai praktikalitas oleh siswa sebesar 87,71% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS yang dihasilkan telah sangat valid dan sangat praktis.