Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 17 Padang
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 17 Padang. Disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya proses pembelajaran masih berpusat pada guru, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, kurangnya motivasi siswa dalam mata pelajaran IPA, salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 17 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian Randomized Control – Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII semester I SMPN 17 Padang tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari delapan kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah dengan menggunakan Purposive Sampling, sehingga diperoleh kelas sampel adalah kelas VII8 sebagai kelas eksperimen dan VII7 sebagai kelas kontrol. Instrument yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah tes objektif dan analisis data dilakukan dengan uji t, dengan kriteria thitung > ttabel. Analisis yang didapat dari rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 80,11 dikonversikan menjadi 3,20 sedangkan kelas kontrol adalah 72,07 dikoversikan menjadi 2,88. Dari analisis uji diperoleh thitung (2,88) > ttabel (1,67) yang berarti hipotesis (H1) diterima. Penilaian untuk kompetensi sikap kelas eksperimen tergolong baik (B) dengan rata-rata modus 3,48 dan kelas kontrol tergolong cukup (C) dengan rata-rata modus 2,92. Kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen tergolong sangat baik (A-) dengan rata-rata capaian optimum 3,57 dan kelas kontrol tergolong baik ( B+) dengan rata-rata capaian optimum 3,30. dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa penerapan model pembelajaran Time Token memberikan pengaruh positif yang berarti terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII8 SMPN 17 Padang tahun pelajaran 2014/2015.