Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya sebagian siswa yang kurang mengerti dengan instruksi lisan yang diberikan guru dalam bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana persepsi siswa terhadap instruksi lisan guru dalam bahasa Inggris. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kualitatif. Siswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini adalah kelas VIII Tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas untuk 181 siswa. Dalam peneliti ini, peneliti menggunakan technique random sampling. Instrument penelitiannya adalah angket dan wawancara.Siswa yang menjadi informan dalam penelitian ini berjumlah 36 siswa, yang mana semua siswa tersebut diberi angket dan diwawancarai oleh peneliti untuk mengetahui persepsi mereka terhadap instruksi lisan guru dalam bahasa Inggris. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukan bahwa siswa kadang-kadang mengerti dengan instruksi imperativ, interrogative, question command, regular command, dan stop command yang diberikan guru, jarang mengerti dengan instruksi declarative, indirect command, don’t command, dan negative command yang di berikan guru. Secara keseluruhan pendapat siswa terhadap instruksi lisan guru dalam bahasa Inggris kelas VIII di SMPN 2 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya dapat diketahui bahwa siswa kadang-kadang dan jarang mengerti dengan instruksi lisan yang diberikan oleh guru dalam bahasa Inggris. Kata Kunci: Persepsi siswa, Instruksi lisan guru dalam bahasa Inggris.