Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah gaya mengajar guru yang lebih memberikan pengaruh yang efektif terhadap prestasi siswa di SMAN 1 Ranah Batahan, Pasaman Barat. Penelitian ini menggunakan comparative research. Partisipan dari penelitian ini adalah Guru bahasa Inggris di SMAN 1 Ranah Batahan. Peneliti menemukan tiga gaya mengajar yang di aplikasikan oleh Guru Bahasa Inggris di SMAN 1 Ranah Batahan, Pasaman Barat, yaitu Visual, Audithory dan Kinesthetic. Dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan dokumen berupa Nilai MID Semester genap siswa di SMA N 1 Ranah Batahan. Peneliti menemukan tingkat prestasi yang diperoleh siswa berbeda dari tiap teaching style yang diaplikasikan oleh Guru Bahasa Inggris di SMAN 1 Ranah Batahan. Guru dengan visual style memperoleh skor yang tertinggi, kemudian guru dengan audithory style memperoleh skor yang terendah dan Guru dengan kinesthetic style memperoleh skor menengah. Setelah data diperoleh Peneliti menggunakan rumus ANOVA untuk menganalisis data, peneliti menemukan nilai dari F-hitung adalah -0,69 dengan level signifikan 0,05, sedangkan hasil F-tabel adalah 3,11 dengan level signifikan 0,05. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara tiga gaya mengajar yang digunakan oleh guru ( Visual, audithory, kinesthetic) terhadap prestasi belajar siswa. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa Jika F-hitung rendah dari F-table maka tidak ada perbedaan yang signifikan antara ketiga gaya mengajar yang digunakan oleh guru ( Visual, audithory, kinesthetic) terhadap prestasi belajar siswa di SMA N 1 Ranah Batahan, Pasaman Barat. Maksudnya gaya mengajar antara visual, audithory, kinesthetic style tingkat keefektifan gaya mengajar yang digunakan guru tersebut sama terhadap prestasi belajar siswa di SMA N 1 Ranah Batahan, Pasaman Barat. Keywords: Teachers’ Teaching Style, Students Achievement