Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengemukakan prompting Questions atau pertanyaan-pertanyaan yang digunakan guru untuk menstimulasi siswa selama proses belajar mengajar berlangsung. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditanyakan secara lisan oleh guru kepada siswa berkaitan dengan materi pelajaran yang sedang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan melihat karaktersistik prompting quetions yang ditanyakan guru selama pembelajaran berlangsung. Data penelitian ini didapatkan dari video yang diambil dari 2 orang guru yang mengajar bahasa inggris di SMKN 4 Padang Sumatera Barat. Peneliti mengambil 2 video untuk masing-masing guru, sehingga ada 4 video yang diidentifikasi karakteristik prompting questions yang ditanyakan guru pada siswa selama mengajar. Kemudian, peneliti memfokuskan analisis video tersebut pada karakteristik prompting questions yang menunjukan adanya unsur pertanyaan yang tergolong pada Eliciting, Recognizing, dan Action. Berasarkan analisis terhadap video-video tersebut teridentifikasi bahwa ketiga karakteristik prompting questions ditemukan saat guru mengajar bahasa inggris didalam kelas. Meskipun demikian, peneliti menemukan bahwa karakteristik Eliciting dan Recognizing lebih banyak digunakan guru saat menstimulasi siswa selama proses mengajar. Pada beberapa bagian saat mengajar, karakteristik Action juga ditemukan, tetapi penggunaannya tidak sebanyak Eliciting dan Recognizing. Dengan demikian, penulis berasumsi bahwa guru sangat memperhatikan kepedulian siswa selama proses belajar, sehingga guru terus menstimulasi siswa dengan sejumlah pertanyaan agar siswa tetap fokus pada penjelasan guru. Key words: Action, Eliciting, Prompting Questions, and Recognizing.