Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 12 Sijunjung pada materi Sistem Pencernaan Makanan yang masih berada dibawah ketuntasan kriteria minimal (KKM) yaitu 78. Hal ini disebabkan karena proses pemebelajaran masih terpusat pada guru dan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu cara yang dapat diterapkan guru untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe KWL (Know-Want-Learn) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 12 Sijunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran aktif tipe KWL (Know-Want-Learn) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 12 Sijunjung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Postest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 12 Sijunjung yang terdaftar pada semester I tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel yaitu kelas VIII3 sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dalam bentuk soal objektif. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf 0,05. Hasil analisis data diperoleh hasil belajar kelas eksperimen 80,14, hasil belajar kelas kontrol 75,14 dengan harga thitung 1,80 sedangkan ttabel 1,67. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel dengan demikian hipotesis diterima. Penilaian kompetensi sikap kelas eksperimen berada pada predikat B (3,92). Pada kelas kontrol berada pada predikat B (3,54). Penilaian kompetensi pengetahuan pada kelas eksperimen berada pada predikat B+ (3,21). Pada kelas kontrol berada pada predikat B (3,01). Penilaian kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen didapatkan predikat A- (3,52). Pada kelas kontrol didapatkan predikat B+ (3,48). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe KWL (Know-Want-Learn) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan kelas VIII SMPN 12 Sijunjung.