Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa, yang terlihat dari rata-rata hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan dengan nilai di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu proses pembelajaran masih cenderung monoton. Proses pembelajaran dilakukan guru hanya menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab saja. Akibatnya siswa cenderung tidak aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan “Randomized Control Group Posttest only Design”. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan Kelas VIII.5 sebagai kelas ekserimen dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan nilai rata-rata pengetahuan 3,14 sedangkan kelas kontrol 2,91. Analisis data menunjukkan bahwa thitung 2,78 > ttabel 1,67 yang berarti hipotesis diterima. Penilaian kompetensi sikap siswa mendapat nilai rata-rata 3,15 dan penilaian kompetensi keterampilan nilai rata-rata 2,92 masing-masing temasuk dalam predikat baik. Dapat disimpulkan model pembelajaran Discovery Learning dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa baik pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor di Kelas VIII SMPN 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan.