Daftar Isi:
  • Pembelajaran Biologi di sekolah membutuhkan sumber belajar yang banyak macamnya, salah satunya Lembar Kerja Siswa (LKS). Guru disekolah tersebut masih menggunakan LKS yang dijual dipasaran, namun banyaknya LKS yang beredar membuat guru kesulitan dalam memilih LKS yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa, sehingga pembelajaran Biologi dengan menggunakan LKS yang diawali peta konsep disertai gambar belum pernah digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas LKS yang diawali peta konsep disertai gambar pada materi struktur dan fungsi jaringan hewan terhadap aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI MAN Salido. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen, dengan desain eksperimen before-after yang diterapkan pada objek penelitian. Sebagai objek penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 MAN Salido yang berjumlah 30 orang. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah tes tertulis berupa soal objektif. Teknik analisis data dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh uji normalitas pretest (0,0762), uji normalitas postest (0,131), sedangkan Ltabel adalah 0,161 berarti data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas. Fhitung 0,35 sedangkan Ftabel 1,84 berarti Fhitung Ftabel dengan demikian data membunyai varians yang homogen. Uji hipotesis, ttabel 1,67 sedangkan thitung 18,27 berarti thitung ttabel dengan demikian hipotesis H1 diterima. Hasil rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 63,33% dengan kriteria tinggi, dan hasil rata-rata motivasi belajar siswa adalah 84,04% dengan kriteria sangat tinggi. Dapat disimpulkan LKS yang diawali peta konsep disertai gambar efektif terhadap aktivitas, motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas XI MAN Salido.