Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Menggunakan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMPN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Tahun Pelajaran 2014/2015
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar biologi siswa. Hal ini disebabkan sebagian besar guru sulit menerapkan pendekatan saintifik dan siswa juga sulit menerapkan kurikulum 2013 karena siswa sulit mengerjakan tugas sendiri mulai dari memecahkan masalah, membuat pertanyaan sendiri serta menjawab pertanyaan yang telah dibuat kemudian mengkomunikasikan sendiri dan siswa juga belum memahami materi dengan baik, jadi proses pembelajaran kurikulum 2013 menuntut siswa dan guru lebih kreatif lagi dalam proses pembelajaran, sehingga untuk mengaktifkan dan meningkatkan hasil belajar siswa diperlukan suatu model pembelajaran. Model yang dapat diterapkan diantaranya adalah model pembelajaran Group Investigation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Group Investigation menggunakan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar biologi siswa di kelas VII SMPN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen dengan rancangan penelitian Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Sampel di ambil dengan teknik Purpossive Sampling. Kelas eksperimen adalah kelas VII.C dan kelas kontrol adalah kelas VII.E. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal berbentuk obyektif dengan 4 option. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji t. Rata-rata hasil belajar biologi siswa untuk kelas eksperimen adalah 73,07 dan kelas kontrol 64,91. Rata-rata kelas eksperimen pada ranah afektif 3,37 berpredikat B, sedangkan pada kelas kontrol 3,03 berpredikat B. Rata-rata kelas eksperimen pada ranah psikomotor 3,71 berpredikat A-, sedangkan pada kelas kontrol 3,67 berpredikat A-. Berdasarkan hasil uji-t pada taraf nyata 0,05 diperoleh thitung = 2,16 dan ttabel = 1,67. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, berarti penerapan model pembelajaran Group Investigation menggunakan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMPN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Tahun Pelajaran 2014/2015.