Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMPN 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas VII di SMPN 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya proses pembelajaran masih berpusat pada guru, sehingga siswa kurang aktif dan kurang termotivasi untuk belajar, oleh karena itu guru menerapkan strategi pembelajaran PQ4R. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan stategi pembelajaran Cooperative Learning tipe PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VII SMPN 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII semester II SMPN 2 Koto Baru tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel diambil dengan cara pengundian, dalam penelitian ini yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIIA dan kelas kontrol adalah kelas VIIB. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa berupa objektif sebanyak 32 butir soal. Uji hipotesis menggunakan uji-t. Dari hasil penelitian terlihat bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 77,18 dan kelas kontrol 69,05. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh pada taraf taraf kepercayaan 95% ( α= 0.05) adalah 1,68 dan = 1,97 berarti , maka hipotesis pada penelitian ini diterima, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA biologi siswa yang menggunakan strategi pembelajaran PQ4R lebih baik dari pada hasil belajar biologi siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran PQ4R pada kelas VII SMPN 2 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya.