Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Pemberian Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas VIII SMPN 3 Sutera Pesisir Selatan
Main Author: | Aprika, Nanda Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9468/1/10010238%20APRIKA%20NANDA%20PUTRI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9468/2/ABSTRAK%20-%202020-07-24T092049.888.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9468/3/KESIMPULAN%20-%202020-07-24T092208.929.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9468/4/DATAR%20PUSTAKA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9468/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar biologi siswa. Hal ini terlihat dari rata-rata hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 3 Sutera Pesisir Selatan yang memperoleh nilai dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dalam proses pembelajaran di sekolah tersebut masih cenderung terpusat pada guru, selain itu pada saat proses pembelajaran siswa kurang aktif, hanya diam saja, kadang-kadang mereka juga suka ribut sehingga mereka tidak memperhatikan guru menjelaskan di depan kelas, sumber belajar yang digunakan masih kurang, dan metode yang digunakan guru kurang bervariasi, biasanya hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Pemberian Teka-teki Silang (TTS) terhadap hasil belajar IPA kelas VIII SMPN 3 Sutera Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menggunakan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Sutera Pesisir Selatan yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sehingga terpilih kelas VIIIb (kelas eksperimen) dan kelas VIIIc (kelas kontrol). Instrument yang digunakan adalah tes akhir hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan adalah tes objektif dan analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didapatkan thitung =1,43 sedangkan ttabel =1,68 thitung<ttabel, dengan demikian hipotesis ditolak. Penilaian kompetensi sikap pada kelas eksperimen berada pada predikat B (3,13), kelas kontrol berada pada predikat B (3,04). Penilaian kompetensi pengetahuan pada kelas eksperimen berada pada predikat B (3,09), kelas kontrol berada pada predikat B (2,91). Penilaian kompetensi keterampilan pada kelas eksperimen berada pada predikat baik (3,25), kelas kontrol berada pada predikat B (3.10). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Dengan Pemberian Teka-Teki Silang (TTS) tidak berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMPN 3 Sutera Pesisir Selatan tahun pelajaran 2014/2015.