Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Group To Group Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman

Main Author: Siska, Pardila Ningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9464/1/13050098%20SISKA%20PARDILA%20NINGSIH.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9464/2/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9464/3/PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9464/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9464/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah dan kurangnya aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Group To Group lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional di kelas XI IPS SMAN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman serta bagaimana perkembangan aktivitas belajar siswa selama menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Group To Group siswa kelas XI IPS SMAN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN 1 Tigo Nagari Kabupaten Pasaman. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih sebagai kelas eksperimen kelas XI IPS.2 dan kelas kontrol kelas XI IPS.1. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah tes akhir bentuk essai, teknik analisis data menggunakan uji t satu pihak. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan variansi homogen. Hasil dari uji hipotesis diperoleh