Upaya dan Kendala Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Sosiologi dalam Proses Pembelajaran di SMA N 1 Siberut Selatan Kecamatan Siberut Kabupaten Kepulauan Mentawai
Main Author: | Morten, Froshansen |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9437/1/10070018%20MORTEN%20FROSHANSEN.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9437/2/ABSTRAK%20-%202020-07-22T155547.788.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9437/3/BAB%20VI%20%2815%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9437/4/DAFTAR%20PUSTAKA%20-%202020-07-22T155633.060.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/9437/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah apa upaya dan kendala dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru sosiologi dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Siberut Selatan dengan tujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam tentang Kompetensi pedagogik guru Sosiologi dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Siberut Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pemilihan informan purposive sampling dan metode pengumpulan data adalah observasi, studi dokumen dan wawancara dengan analisis data yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru Sosiologi di SMAN 1 Siberut Selatan adalah sebagai berikut: 1) guru dalam pemahaman wawasan atau landasan kependidikan didapat dari pelatihan. 2) guru dalam memahami peserta didik dengan melakukan pendataan terhadap masing-masing individu peserta didik yang berkaitan dengan tingkat kecerdasan aktivitas. 3) dalam pengembangan silabus guru menyesuaikan kondisi spesifik lingkungan sekolah. 4) dalam perencanaan pembelajaran yang dibuat dalam RPP guru menyesuaikan berdasarkan kebutuhan siswa. 5) pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, guru melakukan proses pembelajaran sesuai dengan RPP yang dibuat serta menciptakan suasana belajar yang baik dan kondusif. 6) dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran belum bisa digunakan karena fasilitas belum ada. 7) dalam mengevaluasi hasil belajar siswa, guru berpedoman kepada tiga aspek penelilaian yaitu kognitif, afektif dan psikomotor siswa. 8) dalam pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki, guru mengembangkan potensi siswa sesuai dengan bidang dan tanggungjawab. Upaya, 1) mengikuti seminar ditingkat sekolah maupun ditingkat nasional, 2) mengikuti pendidikan konservasi bagi guru-guru, 3) mencari berbagai sumber belajar yang terkait materi sosiologi baik dari buku-buku ataupun media seperti televisi. Kendala, 1) latar belakang pendidikan tidak sesuai dengan bidang studi yang diajarkan, 2) sarana dan prasarana yang kurang, 3) sumber belajar kurang.